Yang Tidak Boleh Dikatakan Tentang Penampilan Seseorang
Jangan berkata: "Kamu kelihatannya capek."
Mengapa: Ini menyiratkan dia terlihat tidak bagus.
Sebaliknya katakan: "Kamu sehat-sehat saja khan?" Ketika kita merasa bahwa orang lain kurang sehat, kita sering berkata tanpa pikir panjang dengan frase "capek" di atas. Jadi mengapa tidak tanyakan keadaannya langsung?
Jangan berkata: "Wow, Kamu telah kehilangan berapa puluh kilogram!"Mengapa: Ini menyiratkan dia terlihat tidak bagus.
Sebaliknya katakan: "Kamu sehat-sehat saja khan?" Ketika kita merasa bahwa orang lain kurang sehat, kita sering berkata tanpa pikir panjang dengan frase "capek" di atas. Jadi mengapa tidak tanyakan keadaannya langsung?
Mengapa: Untuk seseorang yang baru melangsingkan badan, kata-kata tersebut memberi kesan bahwa dulu ia tidak menarik.
Lebih baik katakan: "Kamu terlihat fantastis." Dan berhenti di situ. Jika Anda penasaran bagaimana caranya menjadi langsing, tambahkan, "Apa rahasianya?"
Lebih baik katakan: "Kamu terlihat fantastis." Dan berhenti di situ. Jika Anda penasaran bagaimana caranya menjadi langsing, tambahkan, "Apa rahasianya?"
Kenapa: Hal ini bisa disalahpahami sebagai sebuah kritikan, seperti "Aku tidak pernah bisa memakainya karena barang itu begitu jelek."
Lebih baik katakan: "Kau terlihat keren dengan skinny jeans itu." Jika Anda telah salah kata, coba perbaiki dengan "Aku tak pernah bisa memakainya ... karena tidak diberkati dengan kaki panjang sepertimu."
Saran Ahli dari: Clinton Kelly, pembawa acara TLC, Apa yang sebaiknya tidak dipakai.
Apa Yang Sebaiknya Tidak Diucapkan di Tempat Kerja
Jangan katakan: "Itu bukan pekerjaan saya"
Mengapa: Jika atasan meminta Anda untuk melakukan sesuatu, sekarang itu menjadi tugas Anda.
Lebih baik katakan: "Saya tidak yakin hal itu menjadi prioritas saya saat ini." Kemudian, lakukan diskusi dengan atasan Anda mengenai tanggung jawab Anda.
Jangan berkata: "Ini mungkin terdengar bodoh, tapi ..."
Mengapa: Jangan remehkan ide Anda sendiri dengan bahasa yang plin-plan seperti di atas.
Sebaliknya katakan: Apa yang ada di pikiran Anda. Ini memperkuat kredibilitas Anda untuk mempresentasikan ide-ide Anda dengan percaya diri.
Mengapa: Jika atasan meminta Anda untuk melakukan sesuatu, sekarang itu menjadi tugas Anda.
Lebih baik katakan: "Saya tidak yakin hal itu menjadi prioritas saya saat ini." Kemudian, lakukan diskusi dengan atasan Anda mengenai tanggung jawab Anda.
Jangan berkata: "Ini mungkin terdengar bodoh, tapi ..."
Mengapa: Jangan remehkan ide Anda sendiri dengan bahasa yang plin-plan seperti di atas.
Sebaliknya katakan: Apa yang ada di pikiran Anda. Ini memperkuat kredibilitas Anda untuk mempresentasikan ide-ide Anda dengan percaya diri.
Jangan berkata: "Saya tidak punya waktu untuk berbicara dengan Anda."
Mengapa: Baik secara langsung atau via telepon, perkataan itu benar-benar kasar.
Sebaiknya katakan: "Saya sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Boleh saya hubungi kembali nanti? Jelaskan dengan sopan mengapa Anda tidak bisa bicara sekarang. Ajukan waktu lain yang disepakati bersama. Atau biarkan panggilan telepon masuk ke mesin penjawab hingga Anda bisa memberi perhatian penuh kepada penelepon.
Mengapa: Baik secara langsung atau via telepon, perkataan itu benar-benar kasar.
Sebaiknya katakan: "Saya sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Boleh saya hubungi kembali nanti? Jelaskan dengan sopan mengapa Anda tidak bisa bicara sekarang. Ajukan waktu lain yang disepakati bersama. Atau biarkan panggilan telepon masuk ke mesin penjawab hingga Anda bisa memberi perhatian penuh kepada penelepon.
Oleh: Suzanne Bates, presiden dan CEO Bates Communications, sebuah perusahaan pelatihan-eksekutif di Wellesley, Massachusetts, dan penulis “Bicara Seperti Seorang CEO (McGraw-Hill, 22, amazon.com)
Sumber :